Selasa, 29 November 2016

Mencari Sosok Pemberani Untuk Membela Islam

                                                                                                                                                                    
Judul Buku               : Seberapa Berani Anda Membela Islam?
Penulis                      : Nai’m Yusuf
Penerbit                    : Maghfirah Pustaka
Tahun Terbit             : Cetakan Pertama, Mei 2016
Jumlah Halaman     :  xiv + 274
Dimensi Buku           :  A5
ISBN                         : 979-25-2643-9
Harga                        : Rp 65.000

Pertama kali saya melihat cover buku ini yang terlintas di dalam benak saya adalah buku ini pasti membahas mengenai peristiwa 4 November 2016 dimana umat Muslim bersatu padu untuk menuntut keadilan atas  pelecehan surat Al-Maidah ayat 51 oleh pejabat pemerintah yang non Muslim.

Tapi perkiraan saya  ternyata salah, buku ini sudah lebih  dahulu terbit sebelum aksi damai 4 November dilakukan yaitu pada bulan Mei 2016. Penulisnya Na’im Yusuf seolah bisa membaca konspirasi yang dirancang untuk menjatuhkan kaum Muslim dan membasmi asas ajaran Islam dari akar-akarnya.

Melalui bukunya Na’im Yusuf juga memotivasi kita agar menjadi Muslim yang pemberani karena kuat lemahnya sebuah bangsa diukur dari kemampuannya mencetak laki-laki pemberani, apabila sifat beraninya terbentuk dengan benar. Namun, di sisi lain, dia juga mampu menghancurkan sebuah bangsa jika keberaniannya cenderung mengarah pada sikap merusak.

Secara alami,setiap orang pasti mempunyai perasaan takut. Namun, perasaan takut yang ditanamkan Allah SWT ke dalam diri setiap manusia tidak boleh mengalahkan keberanian kita dalam menegakkan kebenaran.

Untuk itu kita harus menyiapkan banyak bekal, diantaranya bekal keimanan, akidah dan akhlak. Kita harus mengajarkan sikap adil dan jujur pada seorang Muslim dan bersatu padu menyatukan kekuatan demi satu tujuan, satu tekad dan satu semboyan yaitu bersegera kepada Nya  dan mengharap keridhaan Nya.

Menurut Dr. Yusuf Qardhawi, “Sesungguhnya sikap pemberani adalah kekuatan jiwa. Pemiliknya dapat mengemban perkara-perkara yang mulia dan menjauh dari hal-hal hina. Kekuatan yang menjadikannya besar meskipun dia kecil, kaya dalam kemiskinannya, dan kuat dalam kelemahannya. Kekuatan yang menjadikannya memberi sebelum menerima, melaksanakan kewajiban sebelum meminta hak: Kewajiban terhadap Tuhannya, diri dan agamanya. Tidak akan berkembang sikap peberani yang masih kosong dan mendidik para  kesatria yang saleh. Kecuali dalam naungan akidah yang kuat dan kemulian yang kukuh. (halaman 7)

Bab selanjutnya penulis mengajak kita untuk mengali lebih dalam mengenai karakter pemberani. Dimana dalam buku ini terdapat 13 karakter pemberani dan tiap karakter saling berkaitan antara satu dan lainnya.

13 Karakter seorang pemberani itu diantaranya: Ahli masjid, berdakwah dengan penuh semangat, memiliki cita-cita yang tinggi, berdedikasi untuk umat serta memberikan kemuliaan untuk Tuhan dan agama-Nya, memiliki sikap berani, siap maju, rela berkorban, sabar dan teguh hati serta tidak tergesa-gesa apalagi sampai  melampiaskan amarah untuk mengawal tegaknya kebenaran hingga tercapai tujuan membela Islam dan eraih ridha Allah SWT.

Melalui buku ini juga kita diajak untuk menelusuri keteladanan para nabi dan rasul-khususya Rasulullah saw, para sahabat Nabi, serta generasi as-Salaf ash-Shalih dalam menempatkan keberanian mereka berdakwah, berjuang dan membela Islam.

Dengan membaca buku ini, kita akan mengerti ciri-ciri pemberani, apa yang harus dilakukan untuk menjadi pemberani, bentuk-bentuk keberanian dan tantangan yang harus dihadapi para pemberani.

Keunggulan lain dari buku ini  selain karena disajikan dalam bahasa yang lugas dan mudah dimengerti, tema yang diangkat  sangat menarik untuk dibahas dan sesuai dengan kondisi yang ada sekarang ini bahkan sepanjang masa.


 Jadi seberapa berani kamu membela Islam?



30 komentar:

  1. sama Mbak, saya kira juga ini ada kaitannya sama aksi bela islam dan demo2 itu, hehehe...
    dan buat saya justru bahasa dalam buku ini "berat" maklum kalau soal agama saya masih awam dan kudu baca bolak-balik... :)
    tapi sejauh ini memang setelah baca buku ini jadi punya semangat untuk terus membela agama, meski dengan hal kecil sekalipun yang saya bisa, seperti mendidik dan mengarahkan anak supaya mau sholat berjamaah ke mesjid sejak kecil...

    BalasHapus
  2. Kemarin baca ulasan buku ini juga di boognya teh okti. Sepertinya saya mulai penasaran maunbaca juga. Haha

    BalasHapus
  3. Awal judulnya kaget, kirain tentang aksi yang lagi marak,mb

    BalasHapus
  4. saya merasa tertohok, sebererapa beraninya saya membela Islam.

    BalasHapus
  5. Kena banget ini..wajib beli bukunya

    BalasHapus
  6. Ini keduakalinya saya baca tulisan yang mengulas buku ini. Jadi penasaran dengan bukunya...

    BalasHapus
  7. Sepertinya cocok buat hadiah ke suami. Trus dia yang ceritakan isinya ke aku :D

    BalasHapus
  8. Masya Allah, saya suka buku2 seperti ini mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak dibaca bukunya nggak bakal nyesel lah

      Hapus
  9. Kok kebetulan banget ya mbak, buku ini keluar berdekatan sama aksi damai itu? Hehehe.

    Tapi aku gak kepikir sih buku ini soal aksi damai, soalnya seingetku dulu pas ada yang nawarin di grup juga jauh-jauh hari sebelum aksi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baru tahu buku ini pas setelah aksi damai itu

      Hapus
  10. Kok kebetulan banget ya mbak, buku ini keluar berdekatan sama aksi damai itu? Hehehe.

    Tapi aku gak kepikir sih buku ini soal aksi damai, soalnya seingetku dulu pas ada yang nawarin di grup juga jauh-jauh hari sebelum aksi :)

    BalasHapus
  11. Aku kira ini tulisan tentang aksi 411 dan 212 deh mba, eh taunya udah lama terbit. Pas banget deh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pas bangeet tau aja penulisnya gejolak di indonesia

      Hapus
  12. Samaa mba kirain dr judulnya , ini buka ada hubungannya dgn apa yg terjadi saat ini . Rekomen banget utk di baca ya mba. Hemm harus ke gramed nihh

    BalasHapus
  13. saya masih pengecut.. duh
    seberapa beraninya saya membela Islam? Hanya Allah yang Maha Tahu... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, ayo kita benahi diri agar menjadi lebih baik lagi

      Hapus
  14. Buku ini dibahas dengan baik oleh penulisnya ya mba :)
    Menambah nilai keislaman ku nih mba

    BalasHapus
  15. Mak jleb bgt, apalagi skrg carut Marut bangsa dengan krisis iman.Duh buku ini rekomen bgt lah.

    BalasHapus
  16. Tidak tergesa-gesa melampiaskan amarah. Ah tutup muka, jadi malu.

    BalasHapus