Senin, 05 Januari 2015

Lost in Korea

Judul buku : Lost in Korea, Paduan Komplet Traveling Irit ke Korea
Penulis: Cayi dan Gelbo
Penerbit:PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
ISBN: 978-979-22-7776-0
Tebal Buku: x + 240
Cetakan Kedua: Maret 2012





Sumpah yaa habis baca buku ini jadi ingin traveling ke korea. cerita, ilustrasi, lampiran-lampiran yang dibuat oke banget. Sesuai dengan testimoni yang terdapat di halaman pertama dan cover belakang buku ini. Nggak salah juga kalau buku ini jadi best seller  (tertulis di cover depannya) dan terbukti dari cetakan pertama pada bulan Desember 2011 dan harus cetak kembali di bulan Maret 2012.
Jujur ini buku traveling pertama yang aku baca, dan langsung membuatku insaf  dan ingin traveling.  Gelbo dan Cayi pandai sekali,  memaparkan alasan disertai argumen yang logis kenapa kita kudu traveling antara lain. 
Jadi buat yang masih pada punya pikiran negatif kalau traveling itu hanya buang-buang waktu dan uang, or traveling itu identik dengan belanja barang, hapus tuh pikiran dan ganti dengan hal positif seperti ditulis Cayi dan Gelbo yaitu:
1. Traveling membuat hidupmu makin berwarna.
2. Traveling membuatmu kaya pengalaman.
3. Traveling mengasah dan meningkatkan ketrampilanmu.
4. Traveling membuatmu mendapat lebih banyak teman dan saudara

Buku ini  unik, karena ditulis oleh Gelbo pencinta traveling yang awam dalam dunia tulis-menulis dan Cayi pencinta tulis-menulis yang awam dalam dunia traveling. Keunikan lainnya karena judul bukunya Lost in Korea (buatku mikir nggak salah neh buku tips travel kok judulnya lost alias nyasar)
Ternyata eh ternyata seolah paham pikiranku di halaman 6 ada jawaban kenapa milih  judul lost yang dimaksud penulis adalah loose ourselves yang artinya melebur. Jadi si penulis  ingin di setiap perjalanannya mereka melebur dengan masyarakat
Kenapa Harus Ke Luar Negeri?Kenapa Korea?
Aku rasa Cayi dan Gelbo ini ada bakat jadi peramal. (Buat yang masih juga nanya dalam hati, kenapa kita kudu jala-jalan ke luar negeri padahal negeri kita sendiri cantik banget untuk dieksplor).Karena di buku ini juga dijelaskan secara lengkap alasan kenapa kita harus jalan-jalan ke luar negeri dan kenapa mereka memilih Korea.
Korea itu  negara yang sukses menyebarkan budaya dan pariwisata ke kancah internasional lewat karya-karya dramanya. Korea juga punya sejarah yang cukup panjang dan membuatnya terpecah menjadi dua negara. Hallyu Wave Attack atau fenomena demam Korea yang beberapa tahun belakangan mulai melanda seluruh Asia membuat banyak bangsa di seluruh dunia yang berkunjung ke Korea untuk mempelajari budaya Korea.
Di Bab selanjutnya  di buku ini Cayi dan Gelbo akan memaparkan 11 hari perjalanan mereka lengkap bikin kita yang baca buku ini seolah ada di Korea. Dan nggak lupa disela-sela perjalanannya pasti  terdapat tips dan trik yang mereka lakukan untuk menghemat budget perjalanan, yang sangat bermanfaat bagi kita yang siapa tahu bakal atau mau ke Korea juga.....Aamiin
Hanya satu saja kelemahan buku ini menurutku yaitu,  harga-harga yang dicantumkan di buku ini  apa masih valid atau nggak yaa sekarang secara di buku kan diterbitin tahun 2012,  Ngaruh atau nggak  dengan penurunan mata uang rupiah, atau turunnya harga minyak bumi dunia he..3x

2 komentar: